Peran Orang Tua Tunggal Dalam Membimbing Anak Usia Remaja Di Desa Kace

Main Article Content

Utomo Mandala Putra

Abstract

 


 


Penelitian ini di latar belakangi oleh keluarga orang tua tunggal yang berada di Desa Kace yang masih banyak mengalami permasalahan mengenai pendidikan dan bimbingan yang kurang tepat dalam memberikan bimbingan dan perhatian. Pendidikan di dalam keluarga terhadap anak mereka yang dipengaruhi beberapa faktor dan pola yang tidak tepat dalam membimbing dan mendidik pada anak usia remaja. Dari keluarga yang sudah di observasi dan wawancara peneliti menemukan masalah tentang tingkat keberhasilan orang tua dalam mendidik dan membimbing anak. penelitian ini dilakukan di Desa Kace Kecamatan Mendo Barat Kabupaten Bangka Belitung. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskripstif kualitatif, merupakan penelitian yang berkaitan langsung dengan memberikan gambaran secara detail sesuai dengan fakta yang ada dilapangan secara rinci. Tekhnik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Kesimpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peran orang tua tunggal dalam membimbing anak usia remaja meliputi nilai aqidah agar mereka mempunyai keyakinan yang kuat dalam beribadah masih tidak optimal, nilai akhlak untuk membiasakan dan mengajarkan anak dengan etika dan akhlak juga kurang terbina dengan baik, nilai ibadah selalu mengajarkan anak untuk melakukan ibadah shalat karena shalat adalah tiang agama juga masih jauh dari kata baik (2) Pola orang tua tunggal dalam membimbing anak usia remaja di desa kace secara garis besar meliputi empat pola yaitu, otoritatif, otoritarian, permisif, dan uninvolved.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Putra, U. (2023). Peran Orang Tua Tunggal Dalam Membimbing Anak Usia Remaja Di Desa Kace. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 9(2), 430-450. https://doi.org/10.32923/edugama.v9i2.3985
Section
Articles