KOMUNIKASI PERSUASIF SEBAGAI UPAYA MEMPERKUAT PENDIDIKAN MULTIKULTURAL
Abstrak
Pendidikan di era globalisasi saat ini memiliki tantangan distrupsi teknologi sehingga hal ini perlu upaya serius sehingga dapat memfilterisasi bias komunikasi khususnya di bidang pendidikan. Kendala lainnya adalah banyaknya konten negative di media sosial yang hal ini menjadi tantangan Pendidikan multikultural para peserta didik. Masih rendahnya literasi dan kompetensi psikomotorik khususnya pendidik ternyata menjadi kendala dalam mengintegrasikan nilai Pendidikan multikultural dan ditambah lagi masih minimnya jumlah tenaga pendidik bidang agama-agama di sekolah menjadikan hal ini sebagai tantangan yang serius dalam penanaman (inkulkasi) pendidikan multikultural. Kemampuan sumber daya guru khususnya yang masih banyak belum mampu mengoperasikan teknologi menjadi hal Teknis yang harus sesegera untuk diselesaikan permasalahan tersebut. Metodologi yang digunakan pada artikel ini yaitu deskriptif kualitatif dengan sumber data dari berbagai literatur untuk mendukung kajian ini. Berdasarkan hasil pembahasan maka disimpulkan Komunikasi persuasive pada Pendidikan multikultural dapat mengubah sikap, perilaku, maupun keyakinan seseorang atau kelompok terhadap sesuatu hal khususnya Pendidikan multikultural. Komunikasi persuasif Pendidikan multikultural nmemiliki karakteristik yang khas dan memberikan efek positif bagi komunikan karena kemampuannya yang dapat mengubah sikap, opini dan perilaku komunikan dengan tanpa paksaan serta komunikan secara tidak sadar mengikuti keinginan komunikator. Oleh karena itulah teknik komunikasi ini sangat berperan penting dalam Pendidikan multikultural.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by4.footer##Copyright Assignment
As an author of Journal Mediova of the Islamic Journalism study program of the Islamic Da'wah and Communication Faculty, IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung, I, who sign below:
Declare:
- My paper is authentic; my own writing and it has not been published/proposed on any other journals and publication.
- My paper is not plagiarism but my original idea/research.
- My paper is not written by other help, except with Board of Editors and Reviewers recommendation who have been chosen by this journal.
- In my paper, there are no other writings or opinions except referred in bibliography and relevant with the rule of writing in this journal.
- I will do this assignment for sure. If there are irregularities and untruths in this assignment, I will be responsible later according to the applicable law.
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).