Implementasi Penggunaan Biblioedukasi Terhadap Perencanaan Karir Siswa
Abstract
Penelitian ini membahas terkait biblioedukasi. Penelitian ini merupakan telaah pustaka dengan tujuan untuk mengetahui penggunaan biblioedukasi terhadap perencanaan karir siswa. Metode yang digunakan adalah systematic literature review dengan mencari dan mengulas berbagai artikel menggunakan mesin pencari jurnal (https://scholar.google.com), dan telah ditemukan jurnal sebanyak lima artikel yang secara spesifik membahas terkait dengan variable penelitian ini. Langkah-langkah prosedur penelitian ini sebagai berikut: identifikasi, penyaringan, analisis, dan pembahasan. Analisis data menggunakan ekstraksi data. Berdasarkan hasil ekstraksi data dari artikel dapat diketahui bahwa biblioedukasi dapat digunakan untuk perencanaan karir siswa dengan mengikuti 7 tahapan yakni: (1) Identifikasi Kebutuhan Karir Siswa, (2) Penyediaan Sumber Daya, (3) Pengembangan Keterampilan Karier, (4) Pemahaman Terhadap Dunia Kerja, (5) Penggunaan Alat Bantu Karier, (6) Kegiatan Pembelajaran Kolaboratif, (7) Evaluasi dan Pemantauan.