http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/issue/feedTarbawy : Jurnal Pendidikan Islam2025-04-30T12:25:03+07:00Nikmarijaltarbawiojs2@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;"><strong>Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam</strong> ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1512553113" target="_blank" rel="noopener">2614-5812</a> (Electronic) is <span class="ILfuVd">peer-reviewed journal</span> and scientific journal published by IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik Bangka Belitung. This journal aim is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of Islamic religious education. Its scope in Islamic education, Spiritual education, morals education, values education, and character education; the place and function of education institutions in the formation and establishment of religious identity; Islamic religious education in various belief groups, public life, and multicultural settings; Education practices at all levels of privately or publicly owned educational institutions; modern and traditional models, trends, and methods toward Islamic religious education; Islamic religious education in communities and environments outside of school; Spiritual, cultural, and social issues in education related to Islam; the effect of school identity; acceptance toward a school; school leadership, culture, and climate; or school family units on educational institutions that conduct Islamic religious education; teacher and administrator identity; and educational programs.</p>http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/4869The Education PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL2025-04-30T12:09:04+07:00Davina Marsha Nabilahdavinanurbayani11@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional. Sistem pendidikan agama Islam di Indonesia berperan sebagai jembatan utama dalam mencapai tujuan nasional. Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis kajian pustaka (library research). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode studi literatur dengan sumber data berupa jurnal, makalah, dan artikel sebagai sumber data utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan agama Islam memiliki kontribusi yang sangat signifikan dalam sejarah perkembangan bangsa Indonesia. Awalnya, pendidikan Islam di Indonesia disampaikan secara informal. Namun seiring waktu, pendidikan Islam mulai beralih ke bentuk pendidikan formal yang lebih menekankan pada nilai teladan dan diterapkan secara sistematis dan teratur. Tujuan dari sistem pendidikan nasional adalah untuk mengembangkan potensi peserta didik sehingga mereka dapat menjadi individu yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki akhlak mulia, sehat, mandiri, berilmu, cakap, kreatif, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Dengan demikian terlihat bahwa pendidikan Islam memegang peranan yang sangat penting dan tidak terpisahkan dalam pembangunan manusia Indonesia secara menyeluruh. Oleh karena itu, reformasi dan pembaharuan dalam sistem pendidikan menjadi kunci utama untuk mencapai tujuan nasional.</p>2025-04-29T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/4155Dikotomi ilmu dalam pendidikan Islam Analisis Keberadaan fakultas Ilmu tarbiyah dan Keguruan2025-04-30T12:02:59+07:00Asti Tsaniya Lailatifahlailatifah24@gmail.com<table width="614"> <tbody> <tr> <td width="409"> <p>Dikotomi adalah pembagian dua kelompok yang saling bertentangan. Dalam implikasinya, disebutkan sebagai ilmu umum dan ilmu Islam, pendidikan umum dan pendidikan Islam, guru pendidikan umum dan guru pendidikan Islam, sekolah umum dan sekolah agama. Dalam dunia pendidikan Islam, perdebatan mengenai dikotomi ilmu umum dan agama menjadi topik yang menarik. Kajian ini fokus pada pembahasan ilmu pengetahuan sejak Abad Pertengahan hingga saat ini. Pokok masalah dalam penelitian ini mengenai ilmu pengetahuan yang selalu diperdebatkan dari abad pertengahan sampai zaman sekarang ini.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-04-29T08:15:46+07:00##submission.copyrightStatement##http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/5375Pengaruh Kecerdasan Spiritual Dengan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti di SMP Negeri 1 Mendo Barat2025-04-30T12:13:01+07:00Ratna Dewiratnadewimalik@gmail.com<p>Tujuan penelitian ini untuk menguji pengaruh antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar peserta didik di SMP Negeri 1 Mendo Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode korelasional, dengan menggunakan analisis faktor untuk memvalidasi instrument kecerdasan spiritual dan prestasi belajar. Hasil analisis SPSS bahwa realibilitas instrumen kecerdasan spiritual untuk nilai <em>Cronbach’s Alpha</em> sebesar 0,724, sedangkan hasil analisis SPSS realibilitas instrumen prestasi belajar untuk nilai sebesar 0,840. Karena nilai <em>Cronbach’s Alpha</em> ˃ 0,7 maka kedua variabel tersebut dinyatakan reliabel.</p> <p>Berdasarkan hasil uji Hipotesis dengan menggunakan korelasi product moment pada penelitian ini dinyatakan signifikan atau terdapat korelasi diantara variabel X (kecerdasan spiritual) dengan variabel Y (prestasi belajar). Hal ini dapat dilihat dari hasil output SPSS versi 26 yaitu nilai signifikan menunjukkan Sig. (2-tailed) 0,015 ˂ 0,05, yang artinya adanya korelasi (0,336) yang signifikan antara variabel X (kecerdasan spiritual) dengan variabel Y (prestasi belajar).</p> <p>Keterbatasan dalam penelitian ini terkait faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar hanya terdiri satu variabel yakni kecerdasan spiritual sedangkan masih ada faktor lain seperti faktor perilaku keagamaan, pembawaan, dan lingkungan. Adapun penelitian selanjutnya bisa menggunakan teknik analisis regresion karena penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi sehingga dapat menjadi pembanding bagi penelitian selanjutnya.</p>2025-04-30T00:00:00+07:00##submission.copyrightStatement##http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/5092IMPLIKASI PEMIKIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN ISLAM KONTEMPORER DALAM PENGEMBANGAN METODOLOGI PEMBELAJARAN2025-04-30T12:17:02+07:00Nurul Ida Rachmawatinaidarachma@gmail.comNita Yuli Astutinitayuli@walisongo.ac.id<p>Filsafat Filsafat pendidikan Islam kontemporer memainkan peran penting dalam membangun paradigma pendidikan yang relevan dengan tantangan zaman modern. Artikel ini membahas implikasi pemikiran filsafat tersebut dalam pengembangan metodologi pembelajaran berbasis nilai Islam yang holistik. Dengan mengintegrasikan nilai-nilai spiritual, moral, dan rasionalitas ilmiah, filsafat pendidikan ini bertujuan membentuk individu yang seimbang secara intelektual dan spiritual. Studi ini menggunakan metode penelitian kepustakaan untuk mengeksplorasi konsep-konsep kunci dari tokoh seperti Ibn Khaldun dan K.H. Ahmad Dahlan, yang menekankan pentingnya hubungan antara ilmu pengetahuan dan keimanan, pembelajaran berbasis kompetensi, serta integrasi teknologi. Hasil penelitian menunjukkan relevansi pemikiran ini dalam menjawab tantangan globalisasi dan era digital, dengan menawarkan metodologi pembelajaran yang inovatif dan tetap berlandaskan nilai-nilai Islam.</p>2025-04-30T12:17:02+07:00##submission.copyrightStatement##http://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/tar/article/view/5094KONSEP TA’LIM DALAM AL-QUR-AN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM MODERN2025-04-30T12:25:03+07:00Sandrina Saririam7957@gmail.com<table width="614"> <tbody> <tr> <td width="409"> <p>Artikel ini menganalisis konsep ta’līm dalam pendidikan Islam melalui pendekatan tinjauan pustaka. Ta’līm yang berarti proses transfer ilmu pengetahuan tidak hanya terfokus pada aspek akademis saja, namun juga pada pembentukan karakter dan nilai moral individu. Dengan mengacu pada ajaran Al-Quran, ta’līm menekankan pentingnya integrasi antara ilmu pengetahuan dan spiritualitas dalam pendidikan. Penelitian ini mengumpulkan dan mengevaluasi sumber-sumber literatur yang relevan untuk memahami tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di era modern, termasuk globalisasi dan kemajuan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip ta’lim sangat penting untuk menghasilkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi kompleksitas zaman. Kesimpulan penelitian ini memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya serta penerapan praktis dalam pendidikan Islam, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan yang lebih efektif dan relevan.</p> <p> </p> <p>This article analyzes the concept of ta'līm in Islamic education through a literature review approach. Ta'līm, which means the process of transferring knowledge, is not only focused on academic aspects, but also on the formation of individual character and moral values. By referring to the teachings of the Koran, ta'līm emphasizes the importance of integration between science and spirituality in education. This research collects and evaluates relevant literature sources to understand the challenges facing Islamic education in the modern era, including globalization and technological advances. The research results show that the application of ta'lim principles is very important to produce a generation that is intelligent, has noble character, and is able to face the complexities of the times. The conclusion of this research provides recommendations for further research as well as practical application in Islamic education, so that it is hoped that it can contribute to the development of more effective and relevant education.</p> </td> </tr> </tbody> </table>2025-04-30T12:25:03+07:00##submission.copyrightStatement##