KONSEP TA’LIM DALAM AL-QUR-AN DAN IMPLIKASINYA PADA PENDIDIKAN ISLAM MODERN
Abstract
Artikel ini menganalisis konsep ta’līm dalam pendidikan Islam melalui pendekatan tinjauan pustaka. Ta’līm yang berarti proses transfer ilmu pengetahuan tidak hanya terfokus pada aspek akademis saja, namun juga pada pembentukan karakter dan nilai moral individu. Dengan mengacu pada ajaran Al-Quran, ta’līm menekankan pentingnya integrasi antara ilmu pengetahuan dan spiritualitas dalam pendidikan. Penelitian ini mengumpulkan dan mengevaluasi sumber-sumber literatur yang relevan untuk memahami tantangan yang dihadapi pendidikan Islam di era modern, termasuk globalisasi dan kemajuan teknologi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip ta’lim sangat penting untuk menghasilkan generasi yang cerdas, berakhlak mulia, dan mampu menghadapi kompleksitas zaman. Kesimpulan penelitian ini memberikan rekomendasi bagi penelitian selanjutnya serta penerapan praktis dalam pendidikan Islam, sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan pendidikan yang lebih efektif dan relevan.
This article analyzes the concept of ta'līm in Islamic education through a literature review approach. Ta'līm, which means the process of transferring knowledge, is not only focused on academic aspects, but also on the formation of individual character and moral values. By referring to the teachings of the Koran, ta'līm emphasizes the importance of integration between science and spirituality in education. This research collects and evaluates relevant literature sources to understand the challenges facing Islamic education in the modern era, including globalization and technological advances. The research results show that the application of ta'lim principles is very important to produce a generation that is intelligent, has noble character, and is able to face the complexities of the times. The conclusion of this research provides recommendations for further research as well as practical application in Islamic education, so that it is hoped that it can contribute to the development of more effective and relevant education.